Navigation: Home - Berita

www.guru-indonesia.net
www.siswa-indonesia.net
www.yayasan-indonesia.net
www.sch-id.net

Pengumuman :



Pengunjung : 7.176.120



Berita

Upah Minimum Guru Terus Diperjuangkan

31-01-2013 09:15:30 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com —  Kesejahteraan guru, terutama guru honorer dan sekolah swasta, masih memprihatinkan. Untuk itu, sejumlah organisasi guru mendesak supaya pemerintah serius menyiapkan payung hukum penetapan upah minimum guru di seluruh Indonesia.



Baru 50 Persen Sekolah Daftar SNMPTN

31-01-2013 09:14:10 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri mulai tahun ini tidak dikenai biaya pendaftaran, hingga saat ini baru sekitar 50 persen SMA/SMK yang memasukkan data siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa di laman SNMPTN. Masih ada waktu pendaftaran hingga 8 Februari 2013.



Yang Tetap dan yang Berubah dalam UN 2013

31-01-2013 09:13:21 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Standar kelulusan pada Ujian Nasional (UN) tahun ini tidak berubah dari ketentuan tahun lalu, yaitu nilai rata-rata UN minimal 5,5. Pola penghitungan nilai akhir juga tidak jauh berbeda. Hanya saja hasil UN dan nilai akhir pada tahun ini dijadikan salah satu syarat bagi para peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.



Sekolah Diminta Segera Daftarkan Siswa ke SNMPTN

31-01-2013 09:11:14 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Panita Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri mendorong sekolah-sekolah segera mendaftarkan siswa untuk mengikuti seleksi yang mulai tahun ini digratiskan pemerintah.

Hingga saat ini, sekitar 50 persen SMA/MA/SMK yang memasukkan data siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa di laman resmi SNMPTN.



Program RSBI Diperbolehkan Hingga Akhir Semester

30-01-2013 09:16:31 by smkwijaya

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan program belajar mengajar Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional masih tetap diperbolehkan berjalan hingga akhir semester tahun ajaran 2012/2013.



Untuk Pendidikan Luar Biasa, Harus Disiapkan 32 Kurikulum

29-01-2013 09:18:23 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembahasan kurikulum baru terus berlanjut tapi masih menyisakan celah dalam desain kurikulum yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anak-anak luar biasa yang berhak memperoleh pendidikan justru tidak disinggung sama sekali dalam kurikulum baru ini.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab, mengatakan bahwa perubahan kurikulum harus menyeluruh dan tidak bisa dilakukan secara parsial saja. Untuk itu, anak-anak luar biasa ini harus diakomodir juga sama seperti anak-anak lainnya yang akan merasakan kurikulum baru pada Juli mendatang.



Guru Dikawatirkan Lemah Pahami Kurikulum Baru

29-01-2013 09:17:14 by smkwijaya

SEMARANG, KOMPAS.com - Ketua Persatuan Guru Seluruh Indonesia daerah Jawa Tengah Muh Zen mengatakan masa sosialisasi kurikulum baru yang terlalu singkat dikhawatirkan akan berdampak terhadap lemahnya pemahaman para guru.

"Kurikulum baru direncanakan akan diterapkan mulai tahun ajaran baru, Juli mendatang. Waktu untuk sosialisasi ini terlalu singkat," kata Muh Zen, di Semarang, Selasa (29/1/2013).



Pengadaan Barang Jadi Sasaran Korupsi Pendidikan

24-01-2013 09:19:54 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengadaan barang dan jasa untuk sekolah masih jadi sasaran empuk dikorupsi dengan menggunakan anggaran pendidikan. Modus yang sering dilakukan dalam pengadaan barang dan jasa adalah mengintervensi proses pengadaan barang dengan penunjukkan langsung, tender fiktif, ataupun memberikan fee untuk mendapatkan proyek tersebut.



Demi Kurikulum Baru, Peraturan Pemerintah Direvisi

23-01-2013 12:08:59 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Landasan yuridis untuk kurikulum baru yang sempat dipermasalahkan oleh anggota legislatif akan segera direvisi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Salah satu landasan yuridis yang kini masuk proses revisi adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa peraturan terkait Standar Nasional Pendidikan tersebut merupakan aturan yang paling dekat dengan kurikulum. Untuk itu, pihaknya segera membahasnya agar kurikulum dapat berjalan dengan payung hukum yang sesuai.



SMUN 1 Amuntai Dipasangi CCTV

23-01-2013 12:08:14 by smkwijaya

AMUNTAI, KOMPAS.com - Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Amuntai di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, memasang enam kamera pengintai atau CCTV di beberapa lokasi strategis.

Menurut Kepala Sekolah SMUN 1 Amuntai, Ahdiat Gazali Rahman di Amuntai, ibu kota Hulu Sungai Utara (HSU), Rabu, pemasangan CCTV dilakukan untuk memudahkan pengawasan.




4