Navigation: Home - Berita

www.guru-indonesia.net
www.siswa-indonesia.net
www.yayasan-indonesia.net
www.sch-id.net

Pengumuman :



Pengunjung : 7.230.403



Berita

Kaum Profesional Ditantang jadi Guru Sehari

16-01-2013 13:14:09 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan Indonesia Mengajar mengundang para profesional untuk menjadi guru sehari di Sekolah Dasar (SD) marjinal di perkotaan. Para profesional diajak menjadi relawan pengajar, yang bercerita tentang profesinya dan berbagi motivasi dalam meraih cita-cita lewat Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi adalah kegiatan pengenalan ragam pekerjaan, dan cita-cita kepada murid SD di kota-kota besar yang diinisiasi Gerakan Indonesia Mengajar. Setelah tahun lalu pernah digelar di Jakarta, kali ini Kelas Inspirasi akan diadakan serentak pada 20 Februari 2013 di enam kota yakni Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Pekanbaru.



Mana Pendidikan Wirausaha dalam Kurikulum Baru?

16-01-2013 13:11:20 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Kerja (Panja) Kurikulum yang dibentuk oleh Komisi X DPR RI mempertanyakan pendidikan kewirausahaan yang tidak muncul dalam struktur kurikulum pendidikan dasar maupun pendidikan menengah pertama yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Anggota Panja Kurikulum, Zul Fadli, mengatakan bahwa pendidikan kewirausahaan ini semestinya muncul pada tiap jenjang pendidikan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dan Rencana Strategis (Renstra) Pendidikan 2010-2014.



Peleburan IPA-IPS untuk SD Didebat DPR

16-01-2013 12:30:41 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Perubahan kurikulum yang mulai akan diberlakukan pada Juli mendatang ternyata dianggap oleh anggota legislatif tidak memiliki landasan yuridis yang kuat. Hal ini termasuk pada penghilangan mata pelajaran IPA dan IPS untuk jenjang sekolah dasar (SD) yang dinilai tidak sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 37.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar, Ferdiansyah, mengatakan dalam pasal tersebut tertuang bahwa dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah harus memuat pelajaran IPA dan IPS. Untuk itu, ia meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menelaah lebih lanjut masalah ini.



Sains Diajarkan Mulai Kelas IV Sekolah Dasar

16-01-2013 12:29:03 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendidikan sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai mata pelajaran tersendiri diajarkan mulai kelas IV hingga VI SD. Adapun di kelas I, II, dan III SD, pendidikan sains diintegrasikan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia secara tematik dan integratif.

"Saat uji publik, masyarakat menginginkan mata pelajaran IPA dimulai kelas IV hingga VI SD. Dukungan juga salah satunya dari narasumber pengembangan Kurikulum 2013, Yohanes Surya," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim dalam rapat dengar pendapat antara pemerintah dan Panitia Kerja (Panja) Kurikulum Komisi X DPR di Jakarta, Selasa (15/1).



Wamendikbud: Untuk Bangsa, Jangan Enggan 'Ngeluarin' Biaya Besar

16-01-2013 12:27:27 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim mengakui bahwa anggaran yang dialokasikan untuk keperluan kurikulum ini cukup besar. Namun hal itu tak menjadi masalah mengingat anggaran besar tersebut bertujuan untuk memperbaiki anak bangsa.

"Pasti dibutuhkan anggaran yang banyak. Tapi anggaran ini digunakan untuk memperbaiki anak bangsa. Untuk menuju bangsa yang lebih baik, jangan nggak mau ngeluarin biaya," kata Musliar seusai Rapat Dengar Pendapat di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Jakarta, Selasa (15/1/2013).



Komisi X DPR Belum Siap Menerima Kurikulum 2013

15-01-2013 13:03:42 by smkwijaya

Secara jujur Komisi X DPR sampai saat ini belum siap menerima kurikulum baru 2013, namun demikin masih memahami keadaan dan kondisi seperti ini. Demikian dikatakan Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah, pada  Rapat Dengar Pendapat dengan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim di Gedung DPR Senayan Selasa (15/1) siang.

Dalam acara yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X Utut AdiyantoFerdiansyah mengatakan,  sampai saat ini Komisi X DPR belum menerima bahan dalam bentuk tulisan  mengenai kurikulum serta grand designnya, yang selama ini diterima hanya dalam bentuk paparan dan  power poin saja.



UN SMA/SMK Dimajukan

15-01-2013 12:39:11 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan ujian nasional (UN) di jenjang SMA/SMK dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 bakal dimajukan di kelas XI. Perubahan ini untuk membuat siswa di kelas XII bisa lebih berkonsentrasi untuk menyiapkan diri atau kuliah.



Pemerintah Sediakan Buku dan CD Pelajaran

15-01-2013 12:38:32 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah meyakinkan DPR bahwa perubahn Kurikulum 2013 siap dilaksanakan di tahun ajaran baru nanti. Selain membuat strategi penyiapan guru, pemerintah juga menyediakan buku teks untuk siswa dan buku pedoman bagi guru.

"Kurikulum 2013 ini memuat pembelajaran yang sudah diterapkan di sekolah-sekolah yang baik, bahkan yang berstandar internasional. Jadi, sayang kalau siswa tertunda mendapatkan proses pembelajaran yang baik," kata Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, dalam rapat dengar pendapat pemerintah dengan Panitia Kerja (Panja) Kurikulum Komisi X DPR di Jakarta, Selasa (15/1/2013).



April, Buku Pelajaran Baru Digandakan

15-01-2013 12:36:44 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - April mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan segera mengerjakan penggandaan buku baik untuk guru dan siswa untuk keperluan kurikulum 2013. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengatakan bahwa saat ini silabus untuk buku tersebut sudah selesai disusun. Pihaknya kini tengah merencanakan lelang tender untuk pengerjaan buku yang sedianya dilaksanakan pada awal Maret nanti.

"Tender rencananya sekitar awal Maret. Yang pasti silabus untuk buku ini sudah beres semua," kata Musliar seusai Rapat Dengar Pendapat di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Jakarta, Selasa (15/1/2013).



Alih-alih 6 Bulan, Guru Hanya Akan Dilatih Sebulan

15-01-2013 12:33:15 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih ingat rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada Desember lalu untuk mempersiapkan guru selama enam bulan jelang penerapan kurikulum 2013? Pernyataan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, Selasa (15/1/2013), membatalkannya.

Musliar menyatakan, pelatihan guru terkait kurikulum baru hanya akan dilaksanakan sebanyak 52 jam pertemuan untuk tiap jenjang sekolah. Rencananya pelatihan ini akan berlangsung pada bulan Maret mendatang dan diperkirakan selesai dalam waktu satu bulan.




6