Navigation: Home - Berita

www.guru-indonesia.net
www.siswa-indonesia.net
www.yayasan-indonesia.net
www.sch-id.net

Pengumuman :



Pengunjung : 7.179.691



Berita

Lulusan Kejar Paket Dilarang Mengulang UN

03-01-2012 11:01:06 by smkwijaya

SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Semarang menyatakan lulusan kelompok belajar (kejar) paket dilarang mengulang dengan mengikuti ujian nasional (UN) untuk jenjang pendidikan yang setara. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang Bunyamin mengatakan, pelarangan itu dimaksudkan untuk menegaskan bahwa ijazah yang didapat dari pendidikan informal bobotnya sama dengan ijazah pendidikan formal.



Pernyataan Jujur untuk UN yang Kredibel

02-01-2012 11:00:05 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus mendorong pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang kredibel. Untuk itu, Kemdikbud melakukan dua langkah terobosan dalam pelaksanaanya, yaitu melalui pernyataan jujur, dan uji petik. Hal itu dikatakan Kepala Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Teuku Ramli Zakaria saat ditemui Kompas.com, Senin (2/1/2012), di Sekretariat BSNP, Gedung Dikdasmen, Cipete, Jakarta.



Alasan Mengapa Nilai UN Jadi Syarat Masuk PTN

02-01-2012 10:57:59 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Standardisasi Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Teuku Ramli Zakaria membeberkan alasan mengapa nilai ujian nasional jenjang SMA dimasukkan menjadi salah satu nilai penentu untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.



Lembar Jawaban UN Diberi 'Barcode'

01-01-2012 22:46:39 by smkwijaya

DEPOK, KOMPAS.com - Persoalan kebocoran soal  Ujian Nasional (UN) menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyelenggaraan UN selanjutnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Kemdikbud mengeluarkan format baru untuk naskah soal dan lembar jawaban UN 2013.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa tahun ini naskah soal dan lembar jawaban UN dibuat menjadi satu kesatuan sehingga pembagiannya tidak dilakukan terpisah seperti pada pelaksanaan UN sebelumnya.



Budaya Menanam Masuk Kurikulum Sekolah

01-01-2012 13:20:32 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Budaya menanam pohon akan diperkenalkan sejak dini kepada siswa sekolah dengan memasukannya dalam kurikulum sekolah sebagai salah satu upaya mendukung upaya rehabilitasi dan konservasi hutan dan lahan. Hal itu dikatakan Direktur Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kementerian Kehutanan, Billy Hindra, Minggu (1/1/2012). Billy mengungkapkan, budaya menanam akan disisipkan baik dalam kegiatan kurikuler mau pun ekstra kurikuler.



Beasiswa Miskin Diberikan "By Name, By Address"

30-12-2011 13:18:28 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pola pemberian bantuan bagi siswa miskin kini bisa terus terpantau karena dilaksanakan berdasarkan data nama dan alamat. Ia menjelaskan, jika peserta didik yang memiliki keterbatasan ekonomi di jenjang Sekolah Dasar (SD), yang bersangkutan akan mendapatkan bantuan subsidi beasiswa miskin. Ketika ia melanjutkan ke jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), maka sudah dipastikan tetap akan memperoleh bantuan serupa.



2012, Sebesar Rp 3,9 Triliun untuk Beasiswa Miskin

30-12-2011 13:16:48 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedikitnya akan memberikan enam juta subsidi beasiswa miskin tahun 2012. Subsidi tersebut khusus diberikan untuk siswa dan mahasiswa miskin dengan nilai mencapai Rp 3,9 triliun.



RSBI Akan Dihapus, jika...

30-12-2011 12:55:19 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, sekolah berlabel rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) akan ditutup jika konsep program tersebut terbukti menyalahi peraturan perundang-undangan. Ia mengungkapkan, melihat RSBI harus dalam dua sisi, yaitu sisi konsep dan sisi realisasi di lapangan. RSBI akan ditutup jika konsepnya terbukti salah. Namun, jika konsepnya benar, tetapi implementasinya melenceng, maka hanya statusnya yang akan dibenahi.



Nuh Pastikan Nilai UN Jadi Syarat Masuk PTN

30-12-2011 12:41:28 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memastikan bahwa nilai ujian nasional (UN) akan menjadi salah satu syarat untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Ia menjelaskan, ide menjadikan nilai UN sebagai prasyarat masuk PTN terinspirasi dari digunakannya nilai UN pada jenjang sebelumnya (SD dan SMP) sebagai prasyarat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.



SMA 16 Surabaya Raih Penghargaan Blog Guru Indonesia

29-12-2011 10:12:24 by smkwijaya

blog guru award 2011

Rabu (14/12) lalu, Universitas Airlangga memberikan penghargaan kepada user Blog Guru Indonesia 2011. Dikatakan oleh Direktur Sistem Informasi UNAIR, Dr. Soegianto Soelistiono, Ir., M.Si., hal ini dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada user yang selama ini telah mendayagunakan keberadaan Blog Guru Indonesia yang tersaji melalui domain guru-indonesia.net.




9