Navigation: Home - Berita

www.guru-indonesia.net
www.siswa-indonesia.net
www.yayasan-indonesia.net
www.sch-id.net

Pengumuman :



Pengunjung : 7.867.679



Berita Detail

Ada Bank Sekolah di SMAN 2 Surabaya

10-02-2012 22:21:38 by smkwijaya

SURABAYA, KOMPAS.com — SMAN 2 Surabaya mendirikan Bank Mini yang merupakan bank sekolah pertama dan satu-satunya di Surabaya, Jawa Timur. Bank yang berlokasi di lingkungan sekolah ini diresmikan pada Kamis (9/2/2012).

Layaknya bank umum, bank ini melayani berbagai transaksi, mulai dari menabung sampai mengucurkan kredit ringan. Bedanya dengan bank umum, bank sekolah ini tidak berorientasi pada keuntungan, tetapi untuk pendidikan perbankan. Bank Mini itu didirikan bekerja sama dengan beberapa bank. Sekolah hanya menyediakan tempat dan tenaga. Para siswa yang akan mengoperasikan bank ini setelah sebelumnya mendapatkan pelatihan dari pihak bank.

Penataan ruang didesain persis seperti bank pada umumnya. Ada meja pelanggan, teller, dan meja transaksi lainnya. Semua kegiatan keungan ini pengelolaannya sepenuhnya dipercayakan kepada siswa. Guru hanya sebagai pembimbing. Modal tabungan berasal dari semua pihak yang berminat.

”Kita harus giatkan budaya gemar menabung dari usia pelajar begini. Salah satunya menyediakan fasilitas bank di sekolah. Selebihnya untuk pembelajaran,” kata Dewa Putu Astadiputra, Kasi SDM Bank Indonesia Surabaya.

Kepala SMAN 2 Kasnoko menyambut antusias berdirinya Bank Mini. Ia mengatakan, Bank Mini ini akan berfungsi sebagai laboratorium IPS (perbankan). Selama ini, menurutnya, yang selalu ada adalah laboratorium IPA.

”Kita akan sarankan dua minggu sekali siswa wajib menabung dari uang jajannya. Selebihnya untuk pembelajaran. Bagaimana bank mencari laba sehingga bisa besar, siswa harus tahu secara konkret,” kata Kasnoko.

Bank kecil tersebut sebenarnya sudah digagas sekitar dua tahun lalu, tetapi baru terealisasi saat ini. Bank Mini didirikan untuk menggiatkan kembali budaya menabung para siswa. Dulu dikenal Tabanas, Taska, dan terakhir Tabunganku. Diharapkan, dengan keberadaan bank yang menyatu dengan sekolah, semakin banyak siswa yang mau menabung.

Branch Manager BTN Surabaya M Sigit Mintowardono yang hadir dalam peresmian menyatakan mendukung penuh operasional Bank Mini. Selain untuk tabungan, keberadaan bank itu untuk trasfer gaji guru, menyimpan keuangan sekolah dan siswa, serta pelayanan kredit ringan bagi siswa dan guru.

”Bisa bentuknya nanti simpan pinjam. Namun, kultur menabung yang penting. Kita bisa tagetkan Rp 300 juta tahun ini. Apalagi di SMAN 2 ada 940 siswa. Di Malang, dua SMK sudah jalan,” kata Sigit.

Mahmud Nabil, kelas XI IPS, mengaku senang sebab dia jadi praktik sendiri melayani aplikasi tabungan dengan sistem komputerisasi khusus perbankan.

List Komentar :

No Komen : 5
07-11-2012 09:02:56 :: musdayati
Boleh juga ni...
tuk ngajari siswa menabung
No Komen : 4
01-11-2012 12:44:09 :: cholis
boleh juga ,
No Komen : 3
13-09-2012 17:08:48 :: Sujanar,S.Pd.MM
WAH IDE NYA OKE SAYA KIRA BIAR ADA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK
No Komen : 2
18-05-2012 10:49:30 :: ahrif
Suatu ide cemerlang n brilliant, luar baiasa, simbiosis mutualisma dapat dibangun, berdayakan terus seoptimal mungkin sumber keuangan sekolah
No Komen : 1
26-04-2012 13:33:16 :: fy
di Sekolah Yasporbi Jakarta jg ada mini bank kerjasama Bank Syariah Mandiri..

Kirim Komentar :

Nama :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar