Navigation: Home - Berita

www.guru-indonesia.net
www.siswa-indonesia.net
www.yayasan-indonesia.net
www.sch-id.net

Pengumuman :



Pengunjung : 7.122.902



Berita Detail

Kaum Profesional Ditantang jadi Guru Sehari

16-01-2013 13:14:09 by smkwijaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan Indonesia Mengajar mengundang para profesional untuk menjadi guru sehari di Sekolah Dasar (SD) marjinal di perkotaan. Para profesional diajak menjadi relawan pengajar, yang bercerita tentang profesinya dan berbagi motivasi dalam meraih cita-cita lewat Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi adalah kegiatan pengenalan ragam pekerjaan, dan cita-cita kepada murid SD di kota-kota besar yang diinisiasi Gerakan Indonesia Mengajar. Setelah tahun lalu pernah digelar di Jakarta, kali ini Kelas Inspirasi akan diadakan serentak pada 20 Februari 2013 di enam kota yakni Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Pekanbaru.

Ketua Gerakan Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, di Jakarta, Rabu (16/1/2013), mengatakan, ajakan kepada para profesional yang sudah merasakan faedah pendidikan ini sebagai wujud peran serta mereka dalam mengubah kondisi Indonesia. Motivasi yang melatarbelakangi Kelas Inspirasi yakni variasi jumlah penduduk Indonesia yang mampu menamatkan pendidikan dari jenjang SD sampai perguruan tinggi.

Anies menuturkan, di SD-SD tempat mereka mengajar nanti, mungkin para profesional pengajar akan menyaksikan bahwa hitungan jarak kilometernya memang amat dekat dengan tempat mereka bekerja,

Tapi hitungan jarak kesejahteraan, jarak pengetahuan, jarak wawasan terlihat amat jauh, katanya dalam surat panggilan terbuka Kelas Inspirasi kepada para profesional di Indonesia, yang dimuat di laman resmi Gerakan Indonesia Mengajar.

Menurut Anies, pengalaman mengajar sehari di ruang kelas itu akan memberikan wawasan lain, membuka perspektif baru tentang bangsa Indonesia. Para profesional yang terlibat akan bertemu guru, kepala sekolah yang berdedikasi menyiapkan masa depan.

"Mereka pun akan belajar tentang Anda. Melalui Kelas Inspirasi itu semua akan belajar," kata Anies.

Walau diinisasi oleh Gerakan Indonesia Mengajar, organisasi panitia Kelas Inspirasi digerakkan para relawannya sendiri. Pada tahun ini, model penyelenggaraan Kelas Inspirasi telah mampu diduplikasi oleh panitia di lima kota selain Jakarta secara organik. Setiap panitia di masing-masing kota punya otonomi dalam membuat publikasi, menentukan sekolah yang akan dituju juga merekrut relawan pengajar.

Saat ini, enam panitia kota Kelas Inspirasi masih membuka pendaftaran relawan profesional pengajar hingga 22 Januari 2013 lewat laman resmi mereka di http://kelasinspirasi.org/. Kesempatan ini terbuka bagi semua orang yang sudah pernah bekerja secara profesional selama minimal dua tahun dan bersedia berkomitmen untuk hadir pada waktu yang telah ditentukan. Pengumuman profesional pengajar terpilih akan dilakukan pada 31 Januari 2013.

Selain lewat laman resmi, informasi terkini Kelas Inspirasi dapat diikuti lewat media Facebook dan Twitter masing-masing panitia kota, sementara itu pertanyaan terkait Kelas Inspirasi dapat dilayangkan ke alamat surel kelasinspirasi@indonesiamengajar.org.

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/16/1706081/.Kaum.Profesional.Ditantang.jadi.Guru.Sehari

List Komentar :

Kirim Komentar :

Nama :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar